Docker merupakan salah satu teknologi yang sekarang marak digunakan untuk mendeploy atau mendistribusikan aplikasi yang terisolasi dalam sebuah kontainer. Sebagian provider cloud seperti Azure, AWS, dan GCP sudah menawarkan layanan Docker ini sejak cukup lama sebagai salah satu killer feature bagi developers.

Apa sih Docker itu dan bagaimana cara kerjanya?

Gambar

Sebelum memulai, teman-teman sebaiknya meng-install Docker terlebih dahulu.

Untuk menginstall Docker pada sistem operasi Windows, kamu bisa menggunakan WSL 2 (Windows Subsystem for Linux 2) dan Docker for Windows. Ikuti tutorial berikut:

Chapter 1 - Docker Fundamentals

Pada sebuah proses pengembangan perangkat lunak (SDLC), setiap developer pasti akan melakukan poses deployment untuk mengirimkan program yang sudah dibuat agar bisa digunakan oleh pengguna, bisa melalui setup installer, upload ke hosting, atau metode deployment lain. Sering kali, proses deployment tersebut rentan akan terjadinya error, umumnya it works on my machine, saat dicoba di komputer sendiri, programnya bisa running, sedangkan saat di server, program tersebut error.

Kasus lain, mungkin teman-teman developers ingin mendistribusikan aplikasi khususnya backend service agar bisa digunakan dengan mudah oleh developers lain atau untuk memudahkan proses instalasi agar tidak perlu menginstall dependencies seperti runtime (C#, NodeJS, PHP, Go, dll.) dan packages lainnya.

Di sini Docker hadir menghadirkan solusi untuk dua masalah umum di atas. Docker merupakan ekosistem platform yang menghadirkan solusi kontainer untuk memudahkan proses deployment aplikasi melalui container dan images.

Tentu Docker memiliki banyak fitur lain yang akan kita bahas di artikel yang akan datang.

Ekosistem Docker terdiri atas beberapa komponen, yaitu:

  • Docker Client
  • Docker Server
  • Docker Machine
  • Docker Hub
  • Docker Compose

Terdapat dua konsep utama dalam Docker, yaitu image dan container. Image adalah blueprint atau rancangan yang berisi aplikasi dan segala dependency yang dibutuhkan, sedangkan container merupakan bentuk konkrit dari image yang merepresentasikan instance aplikasi yang berjalan.

Secara umum, developers akan menggunakan Docker Client untuk mengeksekusi perintah ke Docker Server atau yang biasa disebut sebagai Docker Daemon. Jadi, container yang kita buat akan berjalan di dalam Docker Server dan bukan di Docker Client!

Docker 101 - How Docker Run Things

Hmm, gimana caranya Docker bisa menjalankan aplikasi kita di dalam container?

Secara umum, kita bisa ambil flow seperti berikut:

  1. Kita mengeksekusi perintah untuk menjalankan container melalui Docker Client
  2. Perintah tersebut akan diterima oleh Docker Server dan akan dieksekusi di Docker Machine
  3. Docker Server akan mencari image dari container yang akan kita jalankan melalui registry, misalnya Docker Hub.
  4. Container siap berjalan!

Dengan menggunakan teknik ini, aplikasi kita akan berjalan di dalam container yang terisolasi sehingga semua kebutuhan aplikasi kita bisa dipenuhi sesuai dengan image yang kita buat. Mirip seperti menjalankan aplikasi di dalam VM!

Docker 101 - Docker Container v.s. Virtual Machine

Secara garis besar jika kita lihat konsep container dan VM itu mirip, sama-sama menyajikan isolasi untuk mengeksekusi aplikasi kita. Tetapi terdapat perbedaan penting yang membedakan Docker container dengan virtual machine!

cgroup

Pada sebuah VM, OS dijalankan di atas hypervisor yang akan membagi-bagi resource host ke VM. Pada VM, 100% semua fitur OS akan dijalankan oleh hypervisor. Pada container, Docker akan menerjemahkan system calls dari binary aplikasi secara langsung di atas Linux VM sehingga menghilangkan overhead untuk memvirtualkan resources pada host.

tl;dr;

  • VM = heavy, bulky, full featured OS, slow to deploy
  • Container = lightweight, miminalistic, fast to deploy

Docker 101 - Linux Alpine Image

Linux Alpine merupakan distribusi Linux dengan ukuran yang sangat kecil dan cocok digunakan untuk deploy aplikasi. Distribusi Linux ini memiliki sedikit package sehingga ukurannya kecil dan sangat fleksibel untuk dikustomisasi. Sebagian besar image Docker publik seperti NodeJS, Python, dan lainnya menggunakan image ini sebagai dasarnya.

Cek Linux Alpine: https://www.alpinelinux.org/

Chapter 2 - Docker CLI

Docker CLI (command-line interface) merupakan sebuah tool untuk dapat mengakses fitur-fitur pada Docker. Kita bisa membuat image, menjalankan container, dan lainnya.

Sekarang kita akan belajar beberapa perintah pada Docker yang teman-teman developers bisa coba di komputer masing-masing. Jangan lupa install Docker dan WSL 2 jika teman-teman menggunakan OS Windows.

docker run

Perintah ini berfungsi untuk menjalankan sebuah image menjadi sebuah container.

Sintaks: docker run <container name> [command]

Contoh: docker run alpine echo Saya Fahmi!

Catatan! parameter [command] bersifat opsional!

docker start

Perintah ini mirip seperti docker run, perbedaannya pada perintah ini standard output dan standard error tidak adan di redirect, sehingga setelah menjalankan perintah ini container akan berjalan tanpa memberikan output apa pun dari dalam container, melainkan perintah ini akan memberikan contianer ID yang menunjukkan container yang running pada Docker.

Sintaks: docker start <container ID>

docker ps

Perintah ini digunakan untuk list semua container yang running pada Docker. Untuk menampilkan container dalam kondisi berhenti, bisa dengan menggunakan option --all.

Sintaks: docker ps [--all]

docker system prune

Perintah ini berfungsi untuk menghapus semua image dan container yang tidak berjalan. Selain perintah docker system prune, kita bisa menggunakan perintah docker rm untuk menghapus image dan container satu-persatu.

Sintaks: docker system prune

docker stop/kill

Perintah ini digunakan untuk menghentikan container yang sedang berjalan. Terdapat dua variasi perintah ini yaitu stop dan kill. Pada perintah docker stop, Docker akan memberikan sinyal SIGINT dan SIGTERM untuk memberitahu aplikasi yang running di dalam container untuk berhenti, bisa kita analogikan seperti meng-klik tombol close pada Window. Sedangkan docker stop akan mengirimkan sinyal SIGKILL ke aplikasi untuk menghentikan aplikasi secara paksa.

Sintaks: docker stop <container ID> dan docker kill <container id>

Nah konsep ini akan menjadi sangat penting nih, khususnya untuk menciptakan aplikasi yang mampu melakukan graceful shutdown. Apa itu? Kita akan bahas di artikel yang akan datang :D Untuk belajar lebih lanjut mengenai termination signals, teman-teman bisa cek:

docker exec

Perintah ini berfungsi untuk menjalankan perintah tambahan di dalam container yang sudah berjalan. Misalnya kita ingin menjalankan perintah tambahan ke dalam container atau ingin membuka shell/terminal di dalam container untuk menjalankan perintah tertentu.

Sintaks: docker exec <container ID> <command>

Contoh menjalankan peritah non-interaktif:

docker exec dsad3qe4ad echo Saya Fahmi!

Contoh menjalankan perintah interaktif:

docker exec -it dsad3qe4ad sh

Apa perbedaan mode non-interaktif dan interaktif? Saat menggunakan mode non-interaktif, perintah yang dieksekusi akan dijalankan dan dikembalikan outputnya ke dalam terminal tanpa menerima input dari terminal, sedangkan pada mode interaktif kita bisa memberikan input pada terminal.

tl;dr; Interactive mode akan me-redirect standard input pada terminal.

Learn More

Teman-teman bisa belajar lebih lanjut mengenai Docker dan Kubernetes yang akan dibahas di Innovation Day Telkom! https://innovationday.ddbtelkom.id/id020921/

Nantikan lanjutan dari seri Docker dan Kubernetes lainnya!

Terima kasih!