E-learning - KFlearning merupakan aplikasi e-learning besutan Kodesiana.com dengan tujuan menjadi aplikasi e-learning all-in-one untuk semua kalangan khususnya mahasiswa.

Kodesiana.com sebagai kontributor teknologi lokal dari Indonesia sangat ingin ikut serta memajukan taraf penggunaan teknologi di Indonesia, khususnya pada bidang pendidikan.

Gambar

Admin Kodesiana.com yang telah berpengalaman dalam industri teknologi informasi dan saat ini sedang berkuliah strata 1 mendapati bahwa penggunaan teknologi yang tidak up-to-date dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu step back dalam pembelajaran teknologi mutakhir saat ini.

Akhirnya, Admin berinisiatif untuk membuat sebuah aplikasi e-elearning yang dapat berperan untuk memudahkan pembelajaran khususnya pemrograman, yaitu KFlearning.

Bukan E-learning Biasa

Tujuan aplikasi ini yaitu sebagai manajemen proyek dan direktori artikel dan tutorial.

Dengan KFlearning, user dapat membuat project dan membaca artikel dan tutorial langsung dalam satu aplikasi.

KFlearning juga merupakan anggota baru dari keluarga Kodesiana Platform! Suksesor dari proyek pendahulunya, yaitu TurboTugas.

Bisa Buat Apa Aja

Out-of-the-box, KFlearning sudah dibekali dengan Visual Studio Code dan MinGW-GCC dengan berbagai ekstensi. Dengan KFlearning, user dapat membuat berbagai program dengan mudah.

Saat ini, support difokuskan untuk tiga bidang teknologi, yaitu:

  1. C/C++ Development (out-of-the-box, dengan MinGW).
  2. Web Development (PHP, HTML, CSS, JS, dengan Laragon).
  3. Python Development (Python atau dengan Anaconda).

Untuk menggunakan KFlearning untuk Web dan Python, user harus menginstall program tambahan dan akan di bahas pada post selanjutnya.

E-learning untuk C/C++ Development

Khusus untuk support C/C++ Development, fitur ini sudah out-of-the-box, jadi tidak perlu install program tambahan apapun. Untuk menggunakan fitur ini, ada template khusus pada KFlearning untuk memudahkan user membuat, mendebug, dan menguji program yang akan dibuat.

E-learning untuk Web Development

Untuk membuat web dengan KFlearning, user harus menginstall Laragon. Laragon ini mirip seperti XAMPP, tetapi memiliki fitur tambahan seperti Virtual Host yang akan memudahkan user membuat web.

E-learning untuk Python Development

Khusus untuk Python, Admin menyarankan untuk menggunakan Anaconda untuk menginstall virtual environment agar proses development menjadi lebih mudah.

Unduh KFlearning

KFlearning merupakan e-learning yang bersifat open source, dilisensikan di bawah MIT License. Anda juga bisa ikut berkontribusi di GitHub untuk kemajuan program ini!

Unduh dari laman berikut. https://kodesiana.com/kflearning/

Ikuti petunjuk instalasi pada laman di atas.

Selamat belajar menggunakan KFlearning! Khususnya kamu yang sekarang berkuliah di Universitas Pakuan jurusan Ilmu Komputer. Good luck!