Kodesiana #NgodingItuMudah by Fahmi Noor Fiqri

Google Foobar🍫 Cara Unik Google Merekrut Developer

Google Foobar - Teka-teki pemrograman Google untuk merekrut developer

Halo semua! Kali ini penulis ingin share tentang Google Foobar, meskipun event-nya sudah jauh lewat, penulis ingin tetap share karena baru sempat untuk menulis lagi karena kesibukan kuliah dan kerja😗

Jadi, apa itu Google Foobar?

Menurut beberapa sumber yang penulis baca, Google Foobar merupakan event yang diselenggarakan oleh Google secara acak bagi para developer yang sedang mencari solusi kodingan. Unik sekali ya? Lagi searching tiba-tiba dapat challenge😂

Pada tanggal 17 Mei 2021, penulis mendapat undangan untuk ikut Google Foobar saat searching tentang bug. Kalau kamu beruntung, kamu akan mendapatkan banner seperti di bawah ini saat searching menggunakan Google.

Kalau kamu memilih I want to play, kamu akan diarahkan ke halaman baru yang bertemakan terminal. Di sana kamu bisa menginputkan beberapa perintah seperi halnya terminal untuk mengikuti challenge yang tersedia pada Google Foobar.

Challenge

Kalau kamu sudah setuju untuk mengikuti Google Foobar dari banner di atas, kamu akan mendapat beberapa challenge untuk diselesaikan. Challenge ini mirip seperti Olimpiade Sains Nasional Komputer (OSN-K/TOKI), CodeFight, atau HackerRank. Struktur data dan algoritma merupakan topik utama dari semua challenge yang ada.

Penulis sendiri mendapatkan tujuh challenge tetapi hanya dapat menyelesaikan dua challenge🥲 Oh iya, waktu yang diberikan untuk menyelesaikan semua challenge ini adalah satu pekan, jadi sekitar satu hari untuk satu soal.

Mungkin terdengar mudah karena waktu yang diberikan untuk setiap soal lumayan lama, tetapi soal yang diujikan memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi dan membutuhkan fokus untuk bisa memahami soal dan memformulasikan algoritma untuk menghasilkan output sesuai dengan soal dan edge cases unik dari setiap challenge.

Setelah waktu untuk mengerjakan challenge habis, kamu tidak akan bisa lagi membuka soal dan mengunggah jawaban ke Foobar. Tampilan akhirnya akan menjadi seperti ini.

Rekrutmen

Karena penulis tidak berhasil mengerjakan semua challenge, penulis tidak mendapat tawaran bekerja di Google😂 Yaa, one way or another, mungkin masih ada jalan lain menuju Google😗

Berdasarkan beberapa sumber yang penulis baca, setelah menyelesaikan semua challenge, kamu akan dikontak oleh representatif dari Google untuk melanjutkan ke proses interview. Setelah itu, proses selanjutnya sudah mengikuti protokol rekrutmen Google.

Akhirnya…

Wah menarik sekali ya Google Foobar ini, iseng-iseng berhadiah jadi bisa kerja di Google😂 Menurut penulis ini kesempatan yang sangat bagus, khususnya agar kita bisa membandingkan bagaimana skill problem solving kita dengan developer Google yang lolos rekrutmen melalui challenge Foobar ini.

Semoga kamu juga bisa mendapat kesempatan untuk ikut Google Foobar! Make those search count!😂

Oh iya, selamat tahun baru ya!

Referensi

  1. Google. 2021. Foobar (https://foobar.withgoogle.com/). Diakses 17 Mei 2021.
  2. Lamsal, Subarna. 2021. Getting Into Google Foobar Challenge With An Email Secrets (https://medium.com/nerd-for-tech/how-i-easily-got-into-google-foobar-challenge-with-an-e-mail-4ac31f14db54). Diakses 08 Agustus 2021.
  3. Gupta, Mohit. 2018. Things you should know about Google FooBar Invitation (https://itsmohitt.medium.com/things-you-should-know-about-google-foobar-invitation-703a535bf30f). Diakses 08 Agustus 2021.
  4. Notarstefano, Jacopo. 2021. Google Foobar: a Post Mortem (http://jacquerie.github.io/google-foobar-post-mortem/). Diakses 08 Agustus 2021.
  5. Kartik & Shantnu. 2020. Everything You Need to Know About Google Foobar Challenge (https://patataeater.blogspot.com/2020/08/how-to-get-hired-by-google.html). Diakses 08 Agustus 2021.

Lihat Juga

Semua konten dilisensikan di bawah lisensi CC BY 4.0.