Kodesiana #NgodingItuMudah by Fahmi Noor Fiqri

Yuk Belajar Docker Container!🐳 Chapter 3, 4, 5

Docker-Halo teman-teman developers! Hari ini kita akan lanjut lagi latihan kita menggunakan Docker. Bagi teman-teman yang belum mengetahui apa itu Docker, silakan cek artikel sebelumnya mengenai Docker ya! Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat Docker image sendiri, bagaimana cara menjalankan aplikasi kita sebagai container, dan bagaimana cara menggunakan Docker Compose untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Chapter 3 - Building Docker Images Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, untuk menjalankan suatu container, kita membutuhkan image yang merupakan blueprint dari container yang akan kita jalankan. Image ini bisa berasal dari registry yang sudah ada seperti Docker Hub atau bisa kita buat sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Yuk Belajar Docker Container!🐳 Chapter 1 & 2

Docker merupakan salah satu teknologi yang sekarang marak digunakan untuk mendeploy atau mendistribusikan aplikasi yang terisolasi dalam sebuah kontainer. Sebagian provider cloud seperti Azure, AWS, dan GCP sudah menawarkan layanan Docker ini sejak cukup lama sebagai salah satu killer feature bagi developers. Apa sih Docker itu dan bagaimana cara kerjanya? Sebelum memulai, teman-teman sebaiknya meng-install Docker terlebih dahulu. Untuk menginstall Docker pada sistem operasi Windows, kamu bisa menggunakan WSL 2 (Windows Subsystem for Linux 2) dan Docker for Windows. Ikuti tutorial berikut: Install WSL on Windows 10 Install Docker Desktop on Windows Chapter 1 - Docker Fundamentals Pada sebuah proses pengembangan perangkat lunak (SDLC), setiap developer pasti akan melakukan poses deployment untuk mengirimkan program yang sudah dibuat agar bisa digunakan oleh pengguna, bisa melalui setup installer, upload ke hosting, atau metode deployment lain.

Kamu Terlalu Banyak menggunakan map(🌏) di NodeJS

Fungsi map merupakan salah satu fungsi yang terdapat pada ECMAScript 6 yang telah ada sejak 2015 lalu. Fungsi ini sangat digemari karena sifatnya yang sangat versatile dan dapat digunakan hampir untuk semua kasus. Tetapi, tahu kah kamu selain map, ada juga fungsi manipulasi array seperti filter, reduce, for, dan foreach? Kali ini kita akan melihat bagaimana perbedaan performansi beberapa fungsi manipulasi array tersebut untuk mengolah data di dalam array. Apakah dengan satu fungsi map bisa mengalahkan semua fungsi array lainnya? Apa benefitnya? Uji Statistik Performa Fungsi Array📊 Untuk membandingkan performa beberapa fungsi array tersebut, penulis akan melakukan A/B testing atau Pearson’s T-test, tepatnya uji t-Test: Paired Two Sample for Means untuk mengukur apakah terdapat perbedaan rata-rata waktu eksekusi yang signifikan antara fungsi array tersebut, khususnya antara filter dan map.

Mengenal Jamstack dan Serverless🥧

Sekarang ini ada banyak framework untuk membuat web, mulai dari CMS yang sudah ada sejak lama seperti Wordpress, Joomla, dan Drupal hingga framework baru yang mengadopsi standar web modern seperti React, Vue, Angular, Gatsby, dan Hugo. Dengan dukungan JavaScript yang semakin luas ditambah dengan komunitasnya yang semakin besar, JavaScript saat ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak disukai oleh developer. Perubahan ini mendorong berbagai stack dan metode baru untuk menghadirkan aplikasi yang lebih cepat dibuat, lebih mudah dimaintain, dan memiliki performa yang lebih tinggi. Munculnya metode seperti PWA dan hybrid apps membuat aplikasi web semakin fleksibel dan mendekati aplikasi native.

Kelebihan Punya Sertifikasi pada Bidang IT👨‍🎓

Sertifikasi merupakan salah satu cara untuk mencatat dan media bukti pencapaian seseorang. Sertifikasi bisa berupa sertifikat penghargaan, pengakuan, atau hak cipta yang dimiliki oleh seseorang. Sering kali sertifikasi menjadi syarat untuk melamar pekerjaan atau untuk mendapat promosi. Seberapa penting punya sertifikasi? Halo semua! Sudah cukup lama aku tidak menulis di blog ini, sampai lupa bagaimana kondisi blog dan juga pembacanya. Kali ini aku ingin berbagi pengalamanku mengenai sertifikasi. Kenapa sertifikasi itu penting dan bagaimana cara kita bisa mendapatkan sertifikasi tersebut? Revolusi Industri Digital Saat ini kemajuan industri digital dan fenomena transformasi digital makin cepat terjadi dan banyak bermunculan start up dan pergerakan bisnis yang mulai menerapkan digitalisasi.

Scientist is Not A Programmer 👨‍💻

Zaman industri 4.0 ini kita sangat dimanjakan dengan berbagai teknologi cerdas yang mampu mengerjakan berbagai hal yang berat dilakukan oleh manusia. Mesin-mesin cerdas tersebut diciptakan melalui inovasi dan pemikiran dari banyak orang yang berkutat pada bidang ilmu komputer dan rumpunnya. Para saintis inilah yang menciptakan berbagai algoritma cerdas yang sering kita gunakan pada aplikasi-aplikasi seperti Facebook, Twitter, dan Instagram yang kita bahkan tidak tahu. The Uncredited Scientist Kapan terakhir kali kamu mendengar nama seperti Andrew Ng atau Ian Goodfellow? Kamu mungkin belum pernah mendengar nama-nama tersebut. Mereka adalah beberapa orang yang telah banyak membuat kontribusi ke dunia deep learning. Selain mereka berdua, masih banyak lagi peneliti lain yang memiliki kontribusi yang sangat besar pada teknologi yang biasa kita nikmati sehari-hari.

Tutorial Data Mining menggunakan Orange🍊

Data mining merupakan salah satu teknik implementasi dari machine learning yang saat ini banyak digunakan di berbagai bidang. Data mining menjadi salah satu primadona teknik pemodelan dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang dapat menghasilkan insight dan forecast yang dapat membantu kita di kehidupan sehari-hari. Kalau mendengar istilah-istilah seperti machine learning dan data mining, yang terpikir dalam benak biasanya adalah “pasti ngoding.” Ya, sebagian besar tutorial mengenai machine learning dan data mining pasti berupa tutorial membuat program, biasanya menggunakan Python. Alasannya karena dengan membuat program, kita bisa leluasa untuk melakukan pemodelan apapun. Tetapi kalau kita belum pernah membuat program sama sekali bagaimana?